Jumat, 29 November 2013

Latihan Dasar 6: Ubahlah Menjadi Fi’il Majzum

Meneruskan latihan sebelumnya, rubah fi’il-fi’il di bawah ini menjadi majzum dengan menambahkan salah satu dari alat-alat penashab. Pelajaran amil jazm pada fi’il silakan lihat di link: http://belajar-nahwushorof.blogspot.com/2013/11/bahasa-arab-dasar-37-amil-amil-pada-fiil.html  atau http://badaronline.com/dasar/bahasa-arab-dasar-37-amil-amil-pada-fiil.html

Pelajaran perubahan-perubahan fi'il mu’rob silakan lihat pada link ini:  http://belajar-nahwushorof.blogspot.com/2013/11/bahasa-arab-dasar-36-ciri-ciri-irob-fiil.html  atau Alamat I’rob Fi’il

Nomor satu adalah contoh:
  1. يَكْتُبُ~yaktubu (menulis) -> لَمْ يَكْتُبْ ~ lam yaktub (tidak menulis)
  2. يَسْأَلُ ~ yas-alu(bertanya) 
  3. يَدْخُلاَنِ ~ yad-khulaani (memasuki)
  4. يَهْدِي ~ yahdiy(menunjuk)
  5. يَغْزُو ~ yaghzuu(berperang)
  6. يَرْزُقُوْنَ ~ yarzuquuna(rezeki)
  7. تَشْرَبِيْنَ ~ tasyrabiina(minum)
  8. يَنْهَى ~ yanhaa (melarang)
  9. تَجْلِسُوْنَ ~ tajlisuuna(duduk)
  10. تَذْهَبَانِ ~ tadzhabuuna(pergi)
Silakan mencoba…

Jawab:
  1. يَكْتُبُ~yaktubu (menulis) -> لَمْ يَكْتُبْ ~ lam yaktub (tidak menulis)
  2. يَسْأَلُ ~ yas-alu(bertanya) -> لِيَسْأَلْ ~liyas-al (hendaklah bertanya)
  3. يَدْخُلاَنِ ~yad-khulaani (masuk)-> لَمّا يَدْخُلاَ~lamma yad-khulaa(belum masuk)
  4. يَهْدِي ~ yahdiy(menunjuk) ->أَلَمْ يَهْدِ~ alam yahdi (apakah kamu tidak menunjuk)
  5. يَغْزُو ~ yaghzuu(berperang) ->لاَ يَغْزُ ~ laa yaghzu (janganlah berperang)
  6. يَرْزُقُوْنَ ~ yarzuquuna(rezeki)->مَا يَرْزُقُوا ~ maa yarzuquu (apa saja rezeki)
  7. تَشْرَبِيْنَ~(minum)->كَيْفَمَا تَشْرَبِيْ~kaifamaa tasyrabiy(bagaimana kamu minum)
  8. يَنْهَى ~ yanhaa (melarang) -> لاَ يَنْهَ~ laa yan-ha(janganlah melarang)
  9. تَجْلِسُوْنَ ~ tajlisuuna(duduk) ->  لتَجْلِسُوْا ~ litajlisuu(hendaklah duduk)
  10. تَذْهَبَانِ ~ tadzhabuuna(pergi) -> أَيْنَ تَذْهَبَا ~ aina tadzhanaa(kemana saja kalian pergi)




Kamis, 28 November 2013

Latihan Dasar 5: Ubahlah Menjadi Fi’il Manshub!

Rubah fi’il-fi’il ini menjadi manshub dengan menambahkan salah satu dari alat-alat penashab. Pelajaran ‘amil nashab pada fi’il silakan lihat di link: http://belajar-nahwushorof.blogspot.com/2013_11_01_archive.html   atau ‘Adawatun Nashibah  

Pelajaran perubahan-perubahan fi'il  mu’rob silakan lihat pada link ini:  http://belajar-nahwushorof.blogspot.com/2013/11/bahasa-arab-dasar-36-ciri-ciri-irob-fiil.html  atau Alamat I’rob Fi’il

Nomor satu adalah contoh:


  1. يلْعَبَانِ = لَنْ يَلْعَبَا (Bermain)
  2. يُجَاهِدُوْنَ (Bersungguh-sungguh)
  3. تَسْلَمِيْنَ (Selamat)
  4. يُقَاتِلُوْنَ (Berperang)
  5. تَهْتَدِي (Hidayah)
  6. تُصَلِّي (Shalat)
  7. يَنْجَحَانِ (Berhasil)
  8. يَسْعَى (Berusaha)
  9. يَغْزُو (Berperang)
  10. يَرْضَى (Ridho)
  11. يَنْظُرُ (Melihat)
Jawab:
  1. يلْعَبَانِ = لَنْ يَلْعَبَا (Bermain)
  2. يُجَاهِدُوْنَ ~ yujaahiduuna (Bersungguh-sungguh) =  لِيُجَاهِدُوْ ~ liyujahiduu
  3. تَسْلَمِيْنَ ~ taslamiina (Selamat) = إِذَنْ تَسْلَمِى ~ idzan taslamii
  4. يُقَاتِلُوْنَ ~ yuqaatiluuna (Berperang) =   لَنْ يُقَاتِلُوْ ~ lan yuqaatiluu
  5. تَهْتَدِي ~ tahtadiy (Hidayah) = كَيْ تَهْتَدِيَ ~ kay tahtadiya
  6. تُصَلِّي ~ tusholliy(Shalat) = أَنْ تُصَلِّيَ ~ tusholliya
  7. يَنْجَحَانِ yanjahaani (Berhasil) = لِيَنْجَحَا ~ liyanjahaa
  8. يَسْعَى ~ yas'aa(Berusaha) =  أَنْ يَسْعَى ~ an yas'aa
  9. يَغْزُو ~ yaghzuu(Berperang) =  لَنْ يَغْزُوَ ~ lan yaghzuwa
  10. يَرْضَى yar dhaa(Ridho) =  حَتَّى يَرْضَى ~ hatta yardhoo
  11. يَنْظُرُ yan zhuro(Melihat) =  إِذَنْ  يَنْظُرَ ~ idzan yanzhuro

    \Sumber: http://badaronline.com/dasar/latihan-dasar-5-ubahlah-menjadi-fiil-manshub.html

Rabu, 27 November 2013

Bahasa Arab Dasar 37-38: Amil-Amil Pada Fi'il

عَوَامِلُ الأَفْعَالِ 
'Awaamilul-Af'aali 

Amil-Amil pada Fi’il : Sesuatu yang menyebabkan menjadi bentuk Manshub atau Majzum


Amil-Amil pada Fi’il ~
عَوَامِلُ الأَفْعَال dibagi atas 2:
 
 1. Al-Adawatun Nashibah
 2. Al-Adawatul Jazimah

Keterangan:

1. Al-Adawatun Nashibah: adalah alat-alat yang digunakan untuk menashobkan fi’il.

Macam-macam alat penashob:

a. أَنْ ~an, diletakkan diantara dua fi'il
Contoh:
أَنَا أُرِيْدُ أَنْ أذْهَبَ إِلَى الْمَسْجِدِ ~ana uriidu an az-haba ilal masjidi = Aku ingin pergi ke masjid

b. لَنْ ~lan = tidak akan (digunakan untuk menafikan sesuatu yang akan datang)
Contoh:
لَنْ يَنْجَحَ الْكَسْلاَنُُ ~lan yanjahal-kaslaanu =Tidak akan sukses orang yang malas

c. إِذَنْ ~idzan = jika demikian
(diletakkan pada sesuatu yang sebelumnya ada pernyataan  atau jawaban  atas suatu pertanyaan)
Contoh:
إِذَنْ تَنْجَحَ ~idzan tanjaha = Jika demikian, engkau akan sukses

d. كَيْ ~kay = agar, supaya (menjelaskan suatu alasan)
Contoh:
اِجْتَهِدْ يَا أَخِيْ كَيْ تَنْجَحَ ~ijtahid yaa akhiy kay tanjaha = Bersungguh-sungguhlah saudaraku, agar engkau sukses

e. لاَمُ كَيْ ~lamu kay = agar atau supaya ( menjelaskan suatu alasan)
Contoh:
اِرْفَعْ صَوْتَكَ لِيَسْمَعُوْا ~irfa' shautaka liyasma'uu= Angkatlah suaramu, agar mereka dapat mendengar.

f. لاَمُ الْجُحُوْدِ ~lamul juhuud = tidak akan
(sebagai bentuk pengingkaran dalam suatu kalimat,  terletak setelah maa kaa na).
Contoh: 
 مَا كَانَ الْمُسْلِمُ لِيَسْخَرَ أَخَاهُ ~ maa kaanal muslimu liyaskhara akhaa-hu=Seorang muslim tdk akan mencemooh saudaranya

g. حَتَّى ~hatta = hingga atau sampai
Contoh:
لاَ تَتَحَدَّثُوْا حَتَّى يَنْتَهِيَ الدَّرْسُ ~ laa tatahaddatsuu hatta yantahiyad darsu = Janganlah kalian ngobrol hingga pelajaran selesai! 


Catatan: Asal dari suatu fi'il Mu'rob adalah Marfu'.


Sumber Link: http://badaronline.com/dasar/bahasa-arab-dasar-37-amil-amil-pada-fiil.html


2. Al-Adawatul Jazimah: adalah alat-alat yang digunakan untuk menjazmkan fi’il

 Macam-macam alat penjazm:

a. Alat penjazem yang menjazemkan satu fi’il
b. Alat penjazm yang menjazmkan dua fi’il

 Keterangan:

 a. Alat penjazem yang menjazemkan satu fi’il
 
1. لَمْ ~lam = tidak (menafikan sesuatu yang telah lalu)
Contoh:
لَمْ يَحْضُرْ زَيْدٌ فِى التَعْلِيْم ~lam yahdhur Zaidun fit ta'liymi = Zaid tidak hadir dalam kajian
 
2. لَمّا ~lamma = belum (untuk meniadakan suatu kerjaan dari dulu hingga sekarang)
Contoh:
لَمَّا يَحْضُرُوْا ~ lamma yahduruu = mereka belum hadir
 
3. أَلَمْ ~alam = apakah tidak
Contoh:
أَلَمْ تَعْلَمْ أَنَّ اللُّغَةَ الْعَرَبِيَّةَ مُفِيْدَةٌ ؟ ~alam ta'lam annal lughatal 'arabiyyata mufiidatun? = Apakah kamu tidak tahu bahwa bahasa arab itu sangat berfaedah?

4. لاَمُ الأَمْر~laamul amr = hendaklah (menuntut untuk adanya sesuatu)
Contoh:
لِيُكْرِمْ صَاحِبُ الْبَيْتِ ضَيْفَهُ ~liyukrim shoohibul baiti dhaifahu = Hendaklah tuan rumah itu menghormati tamunya

5. لاَ النَّاهِيَةُ ~lannaahiyatu = janganlah (laa nahiyah digunakan untuk melarang)
Contoh:
لاَ تَعْبُدُوا أَصْنَامًا ~laa ta'buduu ashnaamaan = Janganlah kalian menyembah patung-patung!

b. Alat penjazm yang menjazmkan dua fi’il

1. إِنْ ~in = jika
Contoh:
إِنْ تَجْتَهِدْ تَنْجَحْ ~in tajtahid tanjah = Jika engkau bersungguh-sungguh niscaya engkau akan sukses
 
2. مَنْ ~man= barang siapa (untuk makhluk hidup)
Contoh:
مَنْ يَزْرَعْ يَحْصُدْ ~ man yazra' yahshud = Barangsiapa yang menanam, ia akan menuai

3. مَا ~maa = apa saja (untuk benda mati)
Contoh:
مَا تَعْمَلْ مِنْ عَمَلٍ يُكْتَبْ ~ maa ta'mal min 'amalin yuktab = Amalan apa saja yang engkau lakukan, niscaya ia akan dicatat.

4. مَهْما ~mahmaa = apa saja (untuk benda mati)
Contoh:
مَهْمَا تَقْرَأْ مِنْ كِتَابٍ يَنْفَعْ ~ mahmaa taqra' min kitaabin yanfa' = Buku apa saja yang engkau baca, tentulah ia akan bermanfaat

5. مَتَى ~mataa = kapan saja (menunjukkan waktu)
Contoh:
مَتَى تَرْجِعْ أَرْجِعْ ~mataa tarji' arji' = Kapan saja engkau kembali, aku akan kembali

6. أيَّانَ ~ayyaana = kapan saja  (menunjukkan waktu)
Contoh:
أَيَّانَ يَذْهَبْ مُحَمَّدٌ أذْهَبْ ~ayyaana yadzhab muhammadun adz-hab = Kapan saja Muhammad pergi, saya akan pergi

7. أَيْنَ ~aina = kemana saja (untuk menunjukkan tempat)
Contoh:
أَيْنَ تَهْرُبْ أَقْبِضْ ~aina tahrub aqbidh = Kemana saja engkau melarikan diri, akan kutangkap

8. حَيْثُمَا ~haitsumaa =kemana saja (untuk menunjukkan tempat)
Contoh:
حَيْثُمَا تَذْهَبْ أَتَّبِعْ ~haitsumaa tadzhab attabi' = Kemana saja engkau pergi, aku akan ikut

9. كَيْفَمَا ~ kaifamaa = bagaimana saja (untuk menjelaskan keadaan suatu fi'il)
Contoh:
كَيفَمَا تَجْلِسْ أَجْلِسْ~kaifamaa tajlis ajlis = Bagaimana saja  engkau duduk, begitulah aku akan duduk

10. أَيٌّ ~ayyu = apa saja (boleh digunakan untuk makhluk hidup boleh untuk benda mati)
Contoh:
أَيُّ ءَايَةٍ تَقْرَأْ تُؤْجَرْ ~ayyu aa-yatin taqra'  tu' jar = Ayat apa saja yang engkau baca, engkau akan diberi pahala


Sumber Link: http://badaronline.com/dasar/bahasa-arab-dasar-38-adawatul-jazimah.html

Link Sound: badaronline.com/sounds/nahwu1/dasar-38-adawah-jazimah.mp3


Bahasa Arab Dasar 36: Ciri-Ciri I'rob Fi'il

عَلاَمَاتُ إِعْرَابِ الأَفْعَالِ
'Alaamaatu I'robil Af'aali 
Ciri-Ciri I’robnya Fi’il


Keterangan Tabel:

Judul Tabel
عَلاَمَاتُ إِعْرَابِ الأَفْعَالِ~'Alaamaatu I'robil Af'aali = Ciri-Ciri I'robnya fi’il
 

 
Kolom   Pertama
الأَفْعَالُ الْمُعْرَبَاتُ ~Al-af-'aalul Mu'robaatu = Fi'il-fi'il  mu'rob, yang dapat berubah keadaan akhirnya.

Kolom Pertama, baris 1-5:
1. Fi’il Shohih Akhir ~ صَحِيْحُ الاخِرِ  : Fi’il yang diakhiri dengan huruf-huruf shohih
2.  Mu’tal Alif ~ مُعْتَلُ الآلِفِ : Fi’il yang diakhiri dengan huruf -alif
3. Mu’tal Wawu  ~ مُعْتَلُ الْوَاوِ  : adalah fi’il yang diakhiri dengan huruf-wawu
4. Mu'tal Ya' ~ مُعْتَلُ الْيَاءِ : adalah fi’il yang diakhiri dengan huruf-ya'
5. Fi’il Al-Af’alul Khomsah ~الأفْعَلُ الخَمْسَةُ: adalah fi’il yang diakhiri dengan huruf ‘illah dan nun

Kepala Tabel
مَرْفُوْعٌ ~Marfuu'un = Marfu'
مَنْصُوْبٌ ~Manshuubun = Manshub
مَجْرُوْمٌ ~Majzuumum= Majzum
 
مِثْلُ ~ Mitslu = contoh
اَلْعَلاَمَةُ  اَلضَّمَّةُ ~ Al-'Alaamatudh Dhommah = cirinya dhommah
اَلْعَلاَمَةُ  اَلْفَتْحَةُ ~ Al-'Alaamatul Fathah = cirinya fathah
اَلْعَلاَمَةُ السُّكُوْنُ ~Al-'Alaamatus Sukuun = cirinya sukun
اَلْعَلاَمَةُ ضُمَّةٌ مُقَدَّرَةٌ ~Al-'Alaamatu Dhommah Muqaddarah =dhommah yang dikira-kirakan
اَلْعَلاَمَةُ فَتْحَةٌ مُقَدَّرَةٌ ~Al-'Alaamatu  Fathah Muqaddarah=fathah yang dikira-kirakan
اَلْعَلاَمَةُ حَذْفُ الْعِلَّةِ ~ Al-'Alaamatu hadzful 'Illah=cirinya dihapus huruf 'illah
اَلْعَلاَمَةُ تُبُوْتُ النُّوْنِ  = Al-'Alaamatu tubuutun Nuun = cirinya nun tetap dipakai
اَلْعَلاَمَةُ  حَذْفُ النُّوْنِ ~Al-'Alaamatu hadzfun Nuun = cirinya nun dihapus

Ciri-Ciri  I'robnya Fi'il Pada Fi'il-Fi'il Mu'rob:
   
1. Fi’il Shohih Akhir ~ صَحِيْحُ الاخِرِ  : Fi’il yang diakhiri dengan huruf-huruf shohih
Marfu';
contoh:يَدْخُلُ ~yad-khulu = masuk ,  cirinya dhommah
Manshub; contoh: يَدْخُلَ ~ yad-khula = masuk, cirinya fathah
Majzum; contoh: يَدْخُلْ~ yad-khul = masuk ,  cirinya sukun

2.  Mu’tal Alif ~ مُعْتَلُ الآلِفِ : Fi’il yang diakhiri dengan huruf -alif
Marfu'; contoh: يَنْهَى ~ yanhaa = melarang, dhommah yang dikira-kirakan
Manshubلَنْ يَنْهَى ~lan yanha= tdk akan melarang, cirinya fathah yg dikira-kirakan
Majzumلَمْ يَنْهَ ~lam yanha = tidak melarang,  cirinya dihapus huruf 'illah
 

3. Mu’tal Wawu  ~ مُعْتَلُ الْوَاوِ  : adalah fi’il yang diakhiri dengan huruf-wawu
Marfu'; contoh: يَدْعُوْ ~ yad'u-u = menyeru/berdo’a, dhommah yang dikira-kirakan
Manshubلَنْ يَدْعُوَ~ lan yad'uwa = tidak akan menyeru/berdo’a,  cirinya fathah
Majzum;   لَمْ يَدْعُ ~lam yad'u = tidak menyeru/berdo’a, cirinya dihapus huruf 'illah

4. Mu'tal Ya' ~ مُعْتَلُ الْيَاءِ : adalah fi’il yang diakhiri dengan huruf-ya'
Marfu'; contoh: يَهْدِي ~yahdi = menunjuk, dhommah yang dikira-kirakan
Manshub; contohلَنْ  يَهْدِيَ ~lan yahdiya=tidak akan menunjuk,  cirinya fathah
Majzum; contoh: لَمْ يَهْدِ ~lam yahdi =tidak menunjuk, cirinya dihapus huruf 'illah

5. Fi’il Al-Af’alul Khomsah~الأفْعَلُ الخَمْسَةُ: Fi’il yg diakhiri dgn huruf ‘illah&nun
Marfu'; contoh: يَكْتُبُوْنَ ~yaktubuuna= mencatat, cirinya nun tetap dipakai
Manshub لَنْ يَكْتُبُوْا~lan yaktubuu =  tdk akan mencatat, cirinya nun dihapus
Majzum; لَمْ يَكْتُبُوْا~lam yaktubuu =  tdk mencatat, cirinya nun dihapus

Catatan:
yaktubuuna, yaktubuu dan yaktubuu adalah Org III(Pa) jamak(>2
)


Catatan:
Asal I’rob dari suatu Fi’il adalah marfu’. Fi’il ini menjadi berubah I’robnya manakala ada sesuatu yang menyebabkannya menjadi manshub ataupun majzum. Sesuatu yang menyebabkan terjadinya perubahan I’rob dari suatu Fi’il dikenal dengan nama ‘amil.




http://badaronline.com/dasar/bahasa-arab-dasar-36-ciri-irob-fiil.html


Minggu, 24 November 2013

Bahasa Arab Dasar 34 dan 35: Pembagian Fi'il Mudhori'

أَقْسَامُ الْفِعْلِ الْمُضَارِعِ
Aqsaamul Fi'lil Mudhori'  



Fi’il Mudhori’ terbagi atas 3 bahagian:

1. Fi’il Shohih Akhir ~
صَحِيْحُ الاخِرِ 
2. Fi’il Mu’tal Akhir ~
مُعْتَلُ الاخِرِ 
3. Fi’il Al-Af’alul Khomsah ~
الأفْعَلُ الخَمْسَةُ

Keterangan:

1. Fi’il Shohih Akhir:  adalah Fi’il yang diakhiri dengan huruf-huruf shohih.

Contoh:


يَدْخُلُ ~ yadkhulu = masuk

 يَخْرُجُ ~ yakhruju = keluar
يَقْرَأُ ~ yaqra-u = membaca

Catatan: 

Huruf shohih yaitu seluruh huruf hijaiyah selain huruf 'Illah: alif-ا; wawu -و ; ya'-ي

2. Fi’il Mu’tal Akhir:

Fi’il mu’tal akhir adalah Fi’il yang diakhiri dengan huruf-huruf ‘Illah.

Fi’il Mu’tal Akhir terbagi menjadi 3:


a. Mu’tal Alif ~
مُعْتَلُ الآلِفِ  

b. Mu’tal Wawu  ~ مُعْتَلُ الْوَاوِ  
c. Mu'tal Ya' ~ مُعْتَلُ الْيَاءِ

Keterangan:

a. Mu’tal Alif ~
مُعْتَلُ الآلِفِ
Contoh:

يَرْضَى ~ yardhaa = meridhoi
 يَنْهَى ~ yanhaa = melarang

b. Mu’tal Wawu  ~ مُعْتَلُ الْوَاوِ
Contoh:
 يَدْعُوْ ~ yad'uu = menyeru/berdo’a
 يَغْزُوْ ~yaghzuu = berperang

c. Mu'tal Ya' ~ مُعْتَلُ الْيَاءِ
Contoh:
 يَرْمِى ~ yar-mi-y = melempar
 يَزْنِى ~ yaz-ni-y = berzina


Sumber Link: http://badaronline.com/dasar/bahasa-arab-dasar-34-pembagian-fiil-mudhori.html


3. Fi’il Al-Af’alul Khomsah ~الأفْعَلُ الخَمْسَةُ  ;

Fi’il Al-Af’alul Khomsah adalah Fi’il yang diakhiri dengan huruf ‘Illah dan Nun.


Perhatikan tabel tashrif Fi’il Mudhori’ berikut:


Dari tashrif diatas, terlihat bahwa fi’il yang diakhiri dengan huruf ‘Illah dan Nun adalah:
 
يَكْتُبَانِ   ~  yaktubaani

 يَكْتُبُوْنَ  ~ yaktubuuna
 تَكْتُبَانِ  ~ taktubaani
 تَكْتُبُوْنَ ~ taktubuuna
 تَكْتُبِِيْنَ ~  taktubiina

Kelima Fi’il ini dikenal dengan nama Al-Af’alul Khomsah (Fi’il-Fi’il Yang Lima)




Bahasa Arab Dasar 32-33: Fi'il Mu'rob Dan Fi'il Mabnii

الفِعْلُ المُعْرَبُ والفِعْلُ المَبْنِي
Al-Fi'lu Al-Mu'robu Wal Fi'lu Al-Mabnii


1. Fi’il Mu’rob:

Fi’il mu’rob adalah Fi’il yang dapat berubah keadaan akhirnya karena adanya perbedaan letak dalam suatu kalimat.

Contoh:


 يَكْتُبُ مُحَمَّدٌ الدَّرْسَ ~ yaktubu Muhammadun ad-darsa = Muhammad mencatat pelajaran

 لَنْ يَكْتُبَ مُحَمَّدٌ الدَّرْسَ ~ lan yaktuba Muhammadun ad-darsa = Muhammad tidak akan mencatat pelajaran 

 لَمْ يَكْتُبْ مُحَمَّدٌ الدَّرْسَ ~ lam yaktub Muhammadun ad-darsa = Muhammad tidak mencatat pelajaran


Pembagian I'rob pada fi'il  terbagi atas 3 bahagian:


a. Rafa', Fi'il yang i'robnya Rafa' disebut dengan  Fi’il Marfu’ 
b. Nashob, Fi'il yang  i'robnya Nashob disebut dengan  Fi’il Manshub 
c. Jazm, Fi'il yang i'robnya Jazm disebut dengan Fi’il Majzum

Keterangan:

a. Fi’il Marfu’ adalah; Fi’il yang keadaan akhirnya mempunyai ciri pokok dhommah.

Contoh: 


 يَكْتُبُ  ~ yaktubu = sedang/akan mencatat
 يَجْلِسُ ~ yajlisu = sedang/akan duduk
 يَفْهَمُ ~ yafhamu = sedang/akan memahami

 

 b. Fi’il Manshub adalah;  Fi’il yang keadaan akhirnya mempunyai ciri pokok fathah.

Contoh: 


 لَنْ يَكْتُبَ ~lan yak-tuba = tidak akan mencatat
 لَنْ يْجْلِسَ ~lan yaj-lisa = tidak akan duduk
 لَنْ يَفْهَمَ ~lan yaf-hama = tidak akan memahami


c. Fi’il Majzum:

Fi’il majzum adalah; Fi’il yang keadaan akhirnya mempunyai ciri pokok sukun.

Contoh:


لَمْ يَكْتُبْ ~lam yaktub = tidak mencatat
 لَمْ يَجْلِسْ ~lam yajlis = tidak duduk
 لَمْ يَفْهَمْ ~lam yafham = tidak memahami

Sumber Link: http://badaronline.com/dasar/bahasa-arab-dasar-32-fiil-murob-mabni.html



2. Fi’il Mabni:

Fi’il mabni adalah fi’il yang keadaan akhirnya selalu tetap dan tidak mengalami perubahan

Kelompok Fi’il Mabni;


a. Fi’il Madhi :


Contoh:


كَتَبَ مُحَمَّدٌ الرِّسَالَةَ ~kataba Muhammadun ar-risaalata = Muhammad telah menulis surat itu


مَا كَتَبَ مُحَمَّدٌ الرِّسَالَةَ ~maa kataba Muhammadun ar-risaalata = Muhammad tidak menulis surat itu


b. Fi’il Amr

Contoh:
 
اُكْتُبْ هَذَا الدَّرْسَ ~ uktub hadzad darsa = Tulislah pelajaran ini
يَا أَخِيْ اُكْتُبْ هَذَا الدَّرْسَ ~ yaa akhiy uktub hadzad darsa = Wahai saudaraku tulislah pelajaran ini



c. Fi’il Mudhori’ yang bersambung dengan nun niswah atau dengan nun taukid.
 

-Nun Niswah adalah nun yang terdapat dalam suatu fi’il untuk menunjukkan jenis perempuan yang keadaannya berharokat fathah. Terdapat pada Fi'il Mudhori':  َيَكْتُبْنَ ~yaktubna dan تَكْتُبْنَ ~taktubna

Contoh:


الْمُسْلِمَاتُ يَكْتُبْنَ الرِّسَالَةَ ~al-muslimaatu yaktubna ar-risaalata = Para muslimah sedang menulis surat


الْمُسْلِمَاتُ لَنْ يَكْتُبْنَ الرِّسَالَةَ ~
al-muslimaatu lan yaktubna ar-risaalata = Para muslimah tidak akan menulis surat


-
Nun Taukid: adalah huruf nun yang bersambung dengan suatu Fi’il yang berfungsi sebagai penguat makna Fi’il.  


Contoh:

أَ
تَسْمَعَنَّ الأَذَانَ؟  ~ Atasma'anna al-adzaana? = Apakah kamu benar-benar mendengar adzan? 


 ألَمْ تَسْمَعَنَّ الأَذَانَ؟  ~Alam tasma'anna al-adzaana? = Apakah kamu benar-benar tidak mendengar adzan


Catatan:

I’rob suatu kata ada 4 macam, yaitu rofa’, nashob, jar, dan jazm. Untuk isim hanya terdiri dari i’rob rofa’, nashob dan jar serta tidak ada i’rob jazm. Untuk fi’il hanya terdiri dari i’rob rofa’, nashob dan jazm serta tidak ada i'rob jar.
 

Semua fi’il mudhori’ adalah termasuk fi’il mu’rob, kecuali apabila bersambung dengan nun niswah atau nun taukid. 


Sumber Link: http://badaronline.com/dasar/bahasa-arab-dasar-33-fiil-mabni.html




Sabtu, 23 November 2013

Bahasa Arab Dasar 31: Pembagian Fi'il Di Tinjau Dari Objeknya

تَقْسِيْمُ الفِعْلِ بِالنَّظَرِ إِلَى مَعْمُوْلِهِ
Taqsiimul Fi'li Binnadhori Ilaa Ma'muulihi


Pembagian Fi’il Ditinjau dari Objeknya;

1. Fi’il Lazim
2. Fi’il Muta’addi


Keterangan:

1. Fi’il Lazim adalah fi’il yang tidak membutuhkan adanya objek (kata kerja intransitif)

Contoh:
 
قَامَ زَيْدٌ ~qaama Zaidun   =Zaid berdiri
حَضَرَ مُحَمَّدٌ ~ hadhara Muhammadun  = Muhammad telah hadir
جَلَسَ عَلِيٌّ ~ jalasa 'Aliyyun =  Ali duduk


2. Fi’il Muta’addi adalah fi’il yang membutuhkan adanya objek (kata kerja transitif)

Contoh:

فَهِمَ زَيْدٌ الدَّرْسَ ~ fahima Zaidun ad-darsa  = Zaid memahami pelajaran
شَرِبَ مُحَمَّدٌ العَسَلَ ~Syariba Muhammadun al-'asala  = Muhammad minum madu
أَكَلَ عَلِيٌّ الْخُبْزَ ~akala 'Aliyyun al-khubza  = Ali makan roti


Cara Membuat Fi’il Muta’addi:
 
1. Dibuat mengikuti wazan (pola) فَعَّلَ ~fa'-'ala

Contoh:

حَسُنَ ~hasuna = baik/bagus  menjadi   حَسَّنَ ~has-sana = memperbaiki/membaguskan
حَسُنَ –> حَسَّنَ

سَهُلَ ~sahula = mudah menjadi   سَهَّلَ ~sah-hala = memudahkan
سَهُلَ –> سَهَّلَ

2. Dibuat mengikuti wazan (pola) أَفْعَلَ ~af-'ala

Contoh:

خَرَجَ ~kharaja = keluar menjadi   أَخْرَجَ~akh-raja = mengeluarkan
خَرَجَ –> أَخْرَجَ

كَمُلَ ~kamula = sempurna menjadi  أَكْمَلَ ~ak-mala = menyempurnakan
كَمُلَ –> أَكْمَلَ

Sumber Link: http://badaronline.com/uncategorized/bahasa-arab-dasar-31-pembagian-fiil-di-tinjau-dari-objeknya.html

Bahasa Arab Dasar 30: Pembentukan Fi'il Majhul

بِنَاءُ الْمَجْهُوْلِ
Binaa-ul Majhuuli 

Cara Pembentukan Fi’il Majhul Dari Fi’il Ma’lum.

1. Pembentukan Majhul Fi’il Madhi : "Dikasroh huruf sebelum terakhir Fi’il Ma’lum Madhi dan di dhommah semua huruf yang berharokat sebelumnya".
 
Contoh:

 ضَرَبَ ~dha-ra-ba, Fi'il  Ma'lum Madhi, dimajhulkan menjadi ضُرِبَ dhu-ri-ba
ضَرَبَ –> ضُرِبَ
     
 قَتَلَ~qa-ta-la, Fi'il  Ma'lum  Madhi, dimajhulkan menjadi قُتِلَ ~qu-ti-la 
قَتَلَ –>  قُتِلَ
   
تَعَلَّمَ ~ta-'al-la-ma, Fi'il  Ma'lum Madhi, dimajhulkan menjadi  تُعُلِّمَ tu-'ul-li-ma
تَعَلَّمَ –> تُعُلِّمَ

Catatan:

Apabila pada Fi’il Madhi terdapat huruf yang disukun, maka pada saat pembentukan Fi’il Majhul tidak boleh dijadikan dhommah dan tetap harus disukun.


Contoh:

اِسْتَمَع ~is-ta-ma-'a,  Fi'il Ma'lum Madhi dimajhulkan menjadi اُسْتُمِعَ~ us-tu-mi-'a
اِسْتَمَعَ –> اُسْتُمِعَ
 

2.  Pembentukan Majhul Fi’il Mudhori’: Difathah huruf sebelum terakhir Fi’il Ma’lum Mudhori' dan di dhommah huruf pertamanya.
 
Contoh:

يَكْتُبُ ~yaktubu, Fi'il  Ma'lum Modhori' dimanjhulkan menjadi  يُكْتَبُ ~yuk-ta-bu
يَكْتُبُ –>. يُكْتَبُ

 يَفْتَحُ ~yaf-ta-hu, Fi'il  Ma'lum Mudhori' dimanjhulkan,  menjadi   يُفْتَحُ  yuf-ta-hu
يَفْتَحُ –> يُفْتَحُ

 يَسْتَمِعُ ~ yas-ta-mi-'u, Fi'il  Ma'lum Modhori' dimanjhulkan,  menjadi يُسْتَمَعُ yus-ta-ma-'u 
يَسْتَمِعُ –> يُسْتَمَعُ 

Sumber Link: http://badaronline.com/dasar/bahasa-arab-dasar-30-pembentukan-fiil-majhul.html
 

Jumat, 22 November 2013

Bahasa Arab Dasar 29: Pembagian Fi'il Ditinjau Dari Pelakunya

تَقْسِيْمُ الفِعْلِ بِالنَّظَرِ إِلَى فَاعِلِهِ
Taqsiimul Fi'li Binnadhori Ilaa Faa'ilihi

Pembagian Fi’il Ditinjau dari Pelakunya terbagi atas 2 bahagian: 
 
1. Fi’il Ma’lum 
2. Fi’il Majhul 

Keterangan:

1. Fi’il Ma’lum  adalah fi’il yang disebutkan pelakunya (kata kerja aktif)

-Contoh Pada Fi'il Ma'lum  dari Fi'il Madhi:

ضَرَبَ عَلِيٌّ الْكَلْبَ ~ dhoraba 'Aliyyun al-kalba = Ali telah memukul anjing
قَتَلَ الْقَائِدُ الْعَدُوَّ ~ qatala Al-qaa-i-du al-'aduwwa = Panglima itu telah membunuh musuh
تَعَلَّمَ حَسَنٌ عِلْمَ النَّحْوِ ~ta'allama Hasanun 'ilman-nahwi= Hasan telah belajar ilmu nahwu


-Contoh Pada Fi'il  Ma'lum dari Fi'il Mudhari':

يَكْتُبُ مُحَمَّدٌ الدَّرْسَ ~ yaktubu Muhammadun addarsa = Muhammad sedang menulis pelajaran
يَفْتَحُ زَيْدٌ البَابَ ~ yaftahu Zaidun al-baaba = Zaid sedang membuka pintu
يَسْتَمِعُ الحَاضِرُوْنَ الْحِوَارَ ~ yastami'u Al-hadhiruuna al-hiwaara = Para hadirin sedang mendengarkan dengan seksama diskusi itu.


2. Fi’il Majhul adalah fi’il yang yang tidak disebutkan pelakunya (kata kerja pasif)

-Contoh Pada Fi'il Majhul dari Fi'il Madhi:

ضُرِبَ الْكَلبُُ ~ dhuriba al-kalbu  = Anjing telah dipukul
قُتِلَ الْعَدُوُّ ~ qutila al-'aduwwu  = Musuh itu telah dibunuh
تُعُلِّمَ عِلْمُ النَّحْوِ ~ tu'ul-lima 'ilmun-nahwi  = Ilmu Nahwu telah dipelajari


-Contoh Pada Fi'il Majhul dari Fi'il Mudhori':

يُكْتَبُ الدَّرْسُ ~ yuktabu ad-darsu = Pelajaran sedang ditulis
يُفْتَحُ الْبَابُ ~ yuftahu al-baabu = Pintu sedang dibuka
يُسْتَمَعُ الْحِوَارُُ ~ yustama'u al-hiwaaru = Diskusi itu didengarkan dengan seksama

Sumber Link: http://badaronline.com/dasar/bahasa-arab-dasar-29-pembagian-fiil-ditinjau-dari-pelakunya.html


Senin, 04 November 2013

Bahasa Arab Dasar 28: Huruf Mudhoro'ah

Huruf Mudhoro’ah
حَرْفُ الْمُضَارَعَةِ 
Harful Mudhooro'ah   

Harful Mudhoro’ah : Harful Mudhoro'ah adalah huruf yang menjadi ciri khas dari Fi’il Mudhori’. 


Huruf mudhoro’ah ini berupa huruf  أ ~hamzah;   ن ~nun; ي ~ya  dan ت ~ta'  di singkat  أَنِيْتَ ~aniyta.


HURUF MUDHORO'AH TERLETAK DIAWAL FI'IL MUDHORI'
Pembacaan Tabel

Org III Pa/Pi
يَكْتُبُ ~ yaktubu = Dia (seorang laki-laki) sedang/akan menulis, huruf awal ي~ya
يَكْتُبَانِ ~ yaktubaani = Mereka (dua orang laki-laki) sedang/akan menulis, huruf awal ي~ya
يَكْتُبُوْنَ ~ yaktubuuna = Mereka (para lelaki) sedang/akan menulis, huruf awal ي~ya
تَكْتُبُ ~ taktubu =  Dia (seorang perempuan) sedang/akan menulis, huruf awal  ت ~ta'
تَكْتُبَانِ ~ taktubaani = Mereka(2 orang pr.) sedang/akan menulis, huruf awal ت ~ta'
يَكْتُبْنَ ~ yaktubna =  Mereka (para perempuan) sedang/akan menulis, huruf awal ي~ya


Org II Pa/Pi
تَكْتُبُ ~ taktubu = Kamu (seorang laki-laki) sedang/akan menulis. huruf awal ت ~ta'
تَكْتُبَانِ ~ taktubaani =  Kalian (dua orang laki-laki) sedang/akan menulis, huruf awal ت ~ta'
تَكْتُبُوْنَ ~ taktubuuna = Kalian (para lelaki) sedang/akan menulis, huruf awal ت ~ta'
تَكْتُبِيْنَ ~ taktubiina = Kamu (seorang pr.) sedang/akan menulis, huruf awal ت ~ta'
تَكْتُبَانِ ~ taktubaani = \Kalian (2 orang pr.) sedang/akan menulis, huruf awal ت ~ta'
تَكْتُبْنَ ~ taktubna  = Kalian (para perempuan) sedang/akan menulis, huruf awal ت ~ta'

Org I Pa/Pi
آَكْتُبُ ~ aktubu= Saya (laki atau pr.) sedang/akan menulisf, huruf awal أ ~hamzah
نَكْتُبُ ~ naktubu=Kami (2 org atau lebih lk./pr.) sedang/akan menulis, huruf awal ن~nun


Sumber Link: http://badaronline.com/dasar/bahasa-arab-dasar-28-huruf-mudhoroah.html